//
Tulisan terbaru
Zaman Kolonial

Kroncong


        Musik populer yang pertama di Indonesia adalah Kroncong musik itu muncul sebagai musik popular pada awal tahun-tahun 1900-an sekarang seratus tahun kemudian !! Kroncong masih tetap dikenal dalam musik populer di Indonesia, walaupunbanyak bergeser dari kroncong gaya lama. Sampai sekarang masih terdengar satu dua lagu yang menggunakan istilah kroncong dalam judulnya, seperti Kroncong Morisko (atau Moretsko, Moresko dsb), atau kroncong Kemayoran istilah kroncong dalam judul ini mengandung makna bahwa lagu tesebut memakai struktur yang (dahulu) lazim untuk kebanyakan lagu Kroncong, dan (dahulu) dikenal sebagai struktur “Kroncong” saja.

Skarang, setelah beberapa jenis keroncong lain muncul, struktur tersebut kemudian di kenal sebagai struktur “Kroncong Asli.” Dewasa ini, istilah Kroncong umumnya bukan lagi merujuk padagolongan lagu dengan struktur “Kroncong Asli” melainkan pada suatu jenis ensambel dan suatu gaya permainan khas. Alat-alat musik standar dalam ensambel kroncong sekarang adalah Biola, Gitar dan dua alat Dawai petik yang lebih kecil daripada Gitar (misalnya satu mandolin dan satu ukulele), dan selo petik (gaya permainannya agak meniru ritme dan suara kendang). Flute (suling barat dari logam) adakalanya di tambahkan dan biasanya ada penyanyi. Kadang-kadang alat-alat ini diganti atau ditambah dengan keyboard atau synthesizer.

Banyak lagu-lagu sekarang yang sebetulnya bukan “kroncong asli” boleh pula dimainkan dengan “gaya kroncong” ciri khas gaya kroncong adalah permainan dari kedua alat dawai kecil (misalnya mandolin dan ukulele), yang saling mengisi secara kait-mengait. Permainan ini sering disebut cak-cuk: seolah yang satu main cak dan yang lain menjawab cuk . Selain cak-cuk, ciri yang juga sering terasa khas gaya keroncong adalah “selo kendang”

About Boneka Hantu

SELALU INGIN BERBAGI

Diskusi

Belum ada komentar.

Komentar Dong's

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Facebook Fans

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Singgah

  • 95,513 hits
Powered by Wordpress ~ Designed by WooThemes ~ Redesigned by Boneka Hantu