//
Tulisan terbaru
Zaman Kolonial

Riwayat Musik Populer di Indonesia


®®®®®®®®®®®®®®®®®®®®®®®

Oleh :  Boneka Hantu      April 11, 2012

®®®®®®®®®®®®®®®®®®®®®®®

Kroncong memang jenis music popular yang dominan di Indonesia sebelum merdeka, paling tidak antara 1915 dan 1935 tetapi banyak jenis lain yang perlu disebut, Dan juga ada satu perkembangan teknologi yang belum dibicarakan namun sangat penting dalam riwayat music popular di Indonesia, yaitu :

Radio

Siaran radio mulai di kenal di Hindia Belanda sejak pertengahan tahun 1920-an. Pada mulanya siarannya hanya ditujukan pada orng kaya di Batavia terutama orang Belanda. Musik yang di siarkan hamper seluruhnya music Barat. Siaran music Indonesia yang ketika itu di sebut “siaran ketimuran” baru mulai tahun 1933, pertama kali di Batavia kemudian di Yogyakarta dan Surakarta lalu Bandung, Semarang dan Surabaya semuanya di siarkan oleh perkumpulan dan perhimpunan radio swasta yang bianya meminta iuran pada pendengarnya. Pada tahun 1934 pemerintah colonial mendirikan radio sendiri yaitu : NIROM (Nederland Indische Radio Omroep) Radio ini menyiarkan dua program sekaligus Program Barat dan Program Ketimuran. Pada awalnyasiaran NIROM hanya diterima dengan baik di Jawa tetapi setelah di perkuat dengan alat siaran (Zender) khusus, siaran itu dapat didengar sampai ke Sumatera dan pulau-pulau lain.

Pada awalnya hanpir 100% siaran radio di isi dari piringan hitam, tetapi makin lama makin banyak siaran “Live” : siaran kroncong dan lagu populer dalam bahasa Melayu/Indonesia, siaran gamelan Jawa, wayangkulin Jawa, ketoprak, wayang golek Sunda, tembang sunda, music yang-khim, lagu dalam bahasa Arab, dan berbagai macam music dari Sumatera. Sekalipun radio dimulai sebagai hiburan untuk orang kaya saja, namun pada akhir tahun 1930-an siaranya juga mulai di kenal di kalangan kelas menengah walaupun “tustel” radio masih tetap mahal. Bergandengan dengan gramofon , radio menjadi alat yang sangat penting dalam menyebar luaskan lagu dan artis baru kepada audiens di seluruh Indonesia (terutama di perkotaan)

About Boneka Hantu

SELALU INGIN BERBAGI

Diskusi

Belum ada komentar.

Komentar Dong's

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Facebook Fans

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Singgah

  • 95,513 hits
Powered by Wordpress ~ Designed by WooThemes ~ Redesigned by Boneka Hantu